-->

4 Jenis Burung Merak yang Ada di Dunia

Jenis Burung Merak - Seperti di negeri dongeng, banyak orang memuji burung merak karena keindahannya. Tapi itulah yang terjadi, jika burung merak di tonton seperti di puji, akan memperlihatkan keindahannya. Tak lepas dari semua itu sebagai manusia yang di beri akal, bbahwa keindahan dari suatu bentuk atau wujud itu ada yang menciptakan. Kita sebagai manusia yang diberi akal jangan sampai terlena akan keindahan yang membuat lupa terhadapNya. Karena Dia-lah yang menciptakan suatu bentuk ataupun wujud itu sempurna.

Burung merak termasuk salah satu jenis burung indah penghuni bumi. Keindahan dari burung ini sangat menarik perhatian orang-orang, dikarenakan memiliki bulu yang sangat indah. Seperti yang kita ketahui burung merak merupakan sejenis unggas yang satwanya di lindungi, dikarenakan populasinya sudah terancam punah. Mungkin dari faktor alam mungkin juga dari perburuan liar.

Untuk burung merak jantan memiliki panjang tubuh kurang lebih 300cm. Panjang tubuh burung merak jantan ini dihiasi bulu - bulu indah mengkilap dari atas kepalanya, melintasi punggung sampai ujung ekor. Untuk bagian atas kepala terdapat bulu hias yang mengkilap keemasan. Yang membuat terkesan ketika mentari menyinari tubuhnya di pagi hari. Terlihat cahaya kemilauan yang terpancar dari bulu hiasnya menjadikan burung merak terlihat sempurna. Tak lupa keindahan itu adalah anugerah dari Sang Pencipta untuk kita yang seharusnya kita syukuri.

Ada 4 jenis burung merak yang mempunyai postur tubuh yang sama. Dan masing - masing mempunyai warna bulu yang berbeda. Keempat dari jenis ini dapat dibedakan dari corak warna bulu yang masing - masing terdapat dari daerah asalnya. Daerah wilayah yang dihuni burung merak hijau ini seperti di Negeri Indonesia yaitu pulau jawa yang dihuni jenis merak hijau, Republik Rakyat Cina dan Indocina.

Sebelumnya merak hijau ditemukan di Bangladesh dan Malaysia namun sekarang populasinya sudah punah. Dinamakan merak hijau karena warna bulunya dominan berwarna hijau meskipun ada yang berwarna coklat bercorak batik pada bagian sayapnya.Warna bulu hijau keemasan tersebut terdapat pada bagian kepala melintasi punggung sampai ujung ekor. Meskipun postur tubuhnya besar, burung merak hijau ini juga memiliki sayap yang besar dan juga kuat. Sehingga bisa terbang kemanapun untuk tujuan mencari makanan.

1. Merak Hijau

Merak Hijau

Burung merak hijau tersebar di pulau Jawa di hutan padang rumput terbuka.Makan burung merak ini berupa biji-bijian dan serangga kecil seperti jangkrik,belalang,rayap atau serangga kecil lainnya. Selain serangga burung merak ini juga memakan cacing tanah. Burung merak hijau betina postur tubuhnya lebih kecil dari burung merak jantan dan warna bulunya hijau pudar,bagian sayap berwarna coklat bercorak batik dan memiliki ekor pendek.

Pada musim kawin burung merak jantan akan mememikat burung betina dengan cara mempertunjukkan bulu indah yang terdapat pada ekornya dengan menari-nari di sampingnya.Burung merak hijau betina menghasilkan 4 hingga 6 butir telur yang nantinya akan di erami sampai menetas. Ada jenis merak yang berasal dari India yaitu burung merak biru.

2. Merak Biru


Burung merak biru ini selain mendiami hutan India burung merak ini juga terdapat di Srilanka, nepal, pakistan. Yang sebelumnya burung merak biru ini ditemukan juga di Bangladesh. Namun sekarang kemungkinan besar sudah punah. Burung merak biru ini mempunyai warna yang biru cerah dan dihiasi dengan warna bulu keemasan. Masyarakat di India mempercayai bahwa burung merak sebagai simbol kecantikan,kesetiaan,keabadian dan juga ketentraman.

Habitat merak biru ada di hutan dan hutan hujan yang banyak di temukan di daerah India.Cara hidup burung merak biru adalah berkelompok serta membentuk keluarga,saat malam hari tiba akan tidur di pepohonan. Dan pada siang hari akan turun ke tanah untuk mencari makan. Burung merak biru ini juga sama seperti merak hijau yaitu memakan biji-bijian dan serangga. Karena kecantikannya yang memukau burung merak biru ini banyak diburu ,menjadikan populasinya semakin punah.

3. Merak Hitam (Kongo)

Merak Hitam

Burung merak hitam atau dikenal juga dengan merak kongo adalah burung endemik yang berasal dari negara republik demokratik kongo. Burung merak hitam ini memiliki ukuran tubuh sekitar 70 cm. Untuk makanannya yaitu berupa biji, pucuk rumput dan daun-daunan, selain itu juga memakan serangga, cacing dan kadal.

4. Merak Putih

Merak Putih

Burung merak putih termasuk burung yang mempunyai bulu yang sangat indah menawan, banyak orang-orang tertarik dengan burung merak yang satu ini.Burung merak putih yaitu burung yang seluruh tubuhnya di penuhi warna putih dan memiliki ekor yang sangat panjang.Burung merak ini termasuk burung yang sangat langka hanya daerah tertentu yang dihuni oleh burung merak jenis ini.

Keindahannya juga sama seperti merak hijau dan merak biru yaitu pada ekornya yang panjang. Biasanya burung merak jenis ini hanya dijumpai di kebun binatang. Ada beberapa tempat yang bisa dijumpai untuk burung merak putih ini diantaranya adalah palm beach, florida dan amerika. Untuk burung merak betina berukuran lebih kecil dari merak jantan dan memiliki ekor pendek.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Jenis Burung Merak yang Ada di Dunia"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel