-->

Mengenali Ciri Branjangan Jantan dan Betina dari Fisiknya

Untuk membedakan jenis kelamin burung branjangan dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Pada bagian tubuh tertentu, kita bisa mengamati dan memperkirakan jenis kelamin burung branjangan tersebut.

Meskipun jantan dan betina burung branjangan sama-sama memiliki kemampuan berkicau yang hampir sama, tetapi burung branjangan jantan tetap lebih variatif sauaranya dibandingkan yang betina. Jadi lebih baik jika Anda ingin menikmati kicauan suara burung branjangan , pilihlah yang jantan.

Ciri-ciri Burung Branjangan Jantan
Sedangkan untuk membedakan mana burung branjangan yang jantan dan mana yang betina, silahkan Anda baca ulasannya di bawah ini :

Ciri-ciri Burung Branjangan Jantan

  • Dilihat ketika masih anakan, branjangan jantan berbulu lebih tajam dan tegas dibandingkan dengan yang betina. Selain suaranya yang berbeda, bentuk kepala branjangan betina muda lebih kecil dan cenderung ramping.
  • Jika diperhatikan lebih seksama pada bagian kepala branjangan jantan, terdapat bulu-halus berwarna hitam tepatnya pada bagian dekat mata dengan paruhnya. Sedangkan pada bagian bawah telinganya, ada bulu berwarna putih mekar.
  • Perhatikan branjangan jantan dan betina, jika branjangan merupakan burung satu daerah, misalkan branjangan NTT semua. Maka yang jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan betinanya.
  • Bagian dada burung branjangan jantan, jika diraba bulunya lebih halus dan berwarna tegas tidak samar seperti burung betina.
  • Dari suaranya, burung jantan muda biasanya lebih sering terlihat ngeriwik. Sedangkan yang betina terlihat malas dan jarang bunyi. Tetapi ketika dewasa, burung betina bisa bersuara lebih keras meskipun iramanya lebih sering berulang-ulang dan monoton.
  • Bagian ekor bisa juga dijadikan salah satu acuan menentukan jenis kelamin burung branjangan, ekor burung jantan memiliki helai bulu yang lebih banyak dan terlihat sering mengembang. Sedangkan yang betina, helai bulunya sedikit dan selalu ngumpul di tengah.

Memiliki burung branjangan jantan cenderung lebih mudah membuatnya mau berbunyi dengan aneka macam irama isiannya, dibandingkan yang betina. Namun terlepas dari jenis kelamin burung, perawatan juga ikut menentukan hasil dan kualitas burung branjangan.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri burung branjangan jantan dan betina jika dilihat dari bentuk fisiknya, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pecinta burung semuanya, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenali Ciri Branjangan Jantan dan Betina dari Fisiknya"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel