-->

Tips Membawa Burung dalam Perjalanan

Tips Membawa Burung dalam Perjalanan - Membawa burung kicauan dalam perjalanan mungkin sudah biasa dilakukan. Namun bagi seorang pemula, apalagi yang baru memiliki burung kicauan, ketika membeli burung dari pasar Anda harus tahu bagaimana cara membawa burung yang benar. Karena jika salah dalam membawanya, burung yang semula berkicau gacor atau jinak, bisa-bisa mendadak menjadi membisu dan gahar.

Maka dari itu membawa burung kicauan juga ada caranya sendiri dan berbeda-beda perlakuannya untuk setiap burung kicauan. Ini dikarenakan ukuran fisik serta karakter setiap burung itu berbeda-beda.

Tips Membawa Burung dalam Perjalanan
Untuk membawa burung kicauan anakan/bakalan misalnya seperti burung poksai jambul putih dan burung jalak thailand sebaiknya menggunakan kardus yang kedua sisinya diberi lubang untuk sirkulasi udara. Sebaiknya kardus yang digunakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu sempit seperti kardus bekas tempat sepatu.

Selain itu saat membawanya dalam perjalanan hindari menggunakan plastik kresek atau sejenisnya, karena hal tersebut bisa sangat berbahaya bagi burung. Sebab, kaki burung bisa tertekuk dan itu bisa berakhir pada kepincangan yang sulit untuk disembuhkan.

Begitu pula untuk burung dari jenis cucak dan kutilang, untuk membawa burung kicauan ini Anda bisa menggunakan kardus yang sedikit lebih besar. Ini dikarenakan kedua jenis burung tersebut umumnya lebih aktif sehingga membutuhkan ruang yang lebih besar untuk geraknya seperti kardus bekas mie instant. Kardus ini bisa digunakan untuk membawa burung lebih dari 8 jam perjalanan dengan syarat burung benar-benar dalam kondisi sehat.

Jangan lupa untuk burung kicauan yang dibawa dengan kardus baiknya diberikan pakan sesuai dengan jenis burung masing-masing dengan porsi yang cukup, agar burung tidak lemas kelaparan ketika diperjalanan.

Perlu diperhatikan juga membawa burung kicauan untuk kontes tidak boleh menggunakan kardus, sebab hal tersebut sangat beresiko terhadap mental burung dan sangat rawan "lepas" ketika akan dipindahkan. Untuk burung yang ingin dibawa menuju kontes burung kicauan, harus dibawa beserta sangkarnya tentunya dengan kondisi sangkar yang di kerodong namun tetap ada sedikit celah untuk sirkulasi udara, agar burung tetap dalam kondisi prima sampai ke tempat tujuan.

Nah, demikian tadi adalah tips membawa burung dalam perjalanan yang bisa anda lakukan, supaya burung tetap aman, sehat dan tidak cedera. Semoga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Membawa Burung dalam Perjalanan"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel